Peluang Dan Kemudahan Di Era Digital

Era Digital : Kemudahan, Peluang dan Tantangan
Peluang Dan Kemudahan Di Era Digital

“Siang malam ku selalu menatap layar terpaku untuk online online” – Saykoji . 

Selamat datang di era digital. 

Era dimana kecepatan, kemudahan dan efisiensi saling berkolaborasi membuka segala peluang untuk meraih kesuksesan.

Sejak terjadi pergantian era dari analog ke digital pada sekitaran 1970 an, telah banyak terjadi perubahan dalam segala aspek kehidupan manusia. 

Era yang mengubah secara drastis kehidupan makhluk di bumi sejak komputer dan internet ditemukan.

Pun saya sebagai ibu rumah tangga merasa sangat terbantu dengan kemajuan teknologi digital yang ada pada zaman sekarang ini.

Berhubung saya tidak menggunakan asisten rumah tangga, produk-produk digital untuk rumah tangga seperti mesin cuci, rice cooker, oven, dispenser dan lainnya sangat membantu meringan pekerjaan rumah tangga. 

Capek mengurus rumah, ibu rumah tangga juga butuh hiburan.. 

Nonton TV salah satunya, saking banyaknya saluran terkadang bingung sendiri mau nonton sinetron, film india atau infotainment.

Hidup di era digital ini memang serba mudah.

Tak perlu bingung ketika anak atau suami minta dimasakin ini itu tapi gak tau resepnya. Gak pake lama langsung browsing di internet nyari resep masakan yang dimaksud.

Ketemu resepnya, copy-paste lalu print. Beda dengan dulu, harus nulis tangan kalo nemu resep menarik di majalah.

Dengan kemajuan teknologi, saya juga sangat terbantu dalam membimbing anak belajar. Mencari kisi-kisi soal ujian atau mendownload ebook yang diperlukan dalam menunjang aktivitas belajarnya,

Semua itu ada di era digital saat ini.

Tidak sesulit sewaktu saya sekolah dulu. Untuk mencari materi tugas yang diberikan oleh guru saya harus berkeliling toko buku, mencari koran bekas dan majalah.

Betapa serunya hidup di era digital sekarang ini.

Bila kangen dengan teman-teman yang telah lama berpisah tinggal mencari di sosial media. Nyari teman lama malah ketemu teman baru.

Berkirim kabar dan menyapa keluarga yang jauh berada nun jauh di sana pun tak perlu repot lagi ke kantor pos mengirim surat. Tinggal pencet namanya di WAG atau grup chit-chat keluarga.

 

Namun..

Setiap perubahan pasti membawa dua sisi bagai keping mata uang.
Demikian juga kehadiran era digital pada kehidupan manusia.

  • Kemudahan dalam mengakses informasi sehingga menghemat biaya dan waktu.
  • Banyak terjadi inovasi teknologi di berbagai bidang seperti ilmu pengetahuan, bidang kesehatan, pertanian, pendidikan, sosial, transportasi, media, ekonomi dan lainnya.
  • Mempermudah  pekerjaan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
  • Perubahan dalam cara bersosialisasi di masyarakat.
  • Menciptakan generasi tak sabaran dan ingin serba instant.
  • Hingga penyalahgunaan teknologi untuk melakukan kejahatan.

Bagi para generasi X seperti saya (generasi kelahiran antara tahun 1965 hingga 1979) sedikit banyaknya pasti pernah merasakan ribetnya masa dulu dan praktisnya masa kini.

Peluang Dan Kemudahan Di Era Digital

Masa kuliah dulu sebelum adanya internet dan smartphone, pagi-pagi sekali saya harus bangun agar tidak kehabisan angkot.

Dulu transportasi umum di kota saya cuma ada angkot, becak dan taxi.

Sekarang ada alternative pilihan seperti taxi atau ojek online yang menggunakan aplikasi pemesanan via ponsel. Tentu lebih murah, mudah dan praktis.

 

era digital

KEMUDAHAN DI ERA DIGITAL

Saya sangat bersyukur masih diberi kesempatan oleh Tuhan untuk menikmati serunya hidup di era digital. Ketika inovasi-inovasi teknologi digital terus berkembang dengan pesat sudah sepatutnya kita memanfaatkannya dengan cerdas dan bijak.

Membuat teknologi menjadi sesuatu yang bermanfaat, bukan menjadikannya sesuatu yang bisa merugikan orang lain atau bahkan diri sendiri.

icon

#Kemudahan mendapatkan informasi

Saat internet belum ada, sangat sulit mendapatkan informasi yang kita butuhkan. Sumber informasi yang ada cuma buku, perpustakaan, koran, televisi dan omongan orang. 

Di era digital ini cukup ketik pada mesin pencari seperti Google, Bing dan lainnya – dalam sekejap segala informasi yang kita butuhkan akan muncul di layar.

Kemudahan ini sangat membantu saya dalam membimbing anak belajar. Anak tidak hanya bergantung pada buku pelajaran dan aktivitas belajar mengajar di sekolah tapi juga bisa mendapatkan pengetahuan dari internet.

icon

#Kemudahan bertransaksi keuangan

Saya termasuk yang pernah merasakan mengantri di kantor pos untuk mencairkan kiriman uang via wesel pos. 

Pernah juga merasakan kebingungan gimana caranya menerima dan mengirim uang saat hari telah beranjak sore. Bank sudah tutup, artinya harus menunggu esok baru bisa menerima atau mengirim. 

Padahal butuhnya saat itu juga.

Serunya di era digital saat ini, menerima atau mengirim uang bisa dilakukan 24 jam kapan saja dan darimana saja. ATM sudah ada dimana-mana. Transaksi perbankan pun jadi mudah dengan aplikasi mobile banking.

Membayar tagihan listrik, telpon, air, angsuran kredit dan berbagai jenis tagihan lainnya tidak lagi harus antri. Semuanya kini ada layar ponsel atau ATM terdekat.

icon

#Kemudahan layanan pesan - antar.

Zaman dulu, bila ingin membeli makanan mau gak mau kita harus pergi sendiri. Bila ingin bepergian, untuk memesan tiket pesawat dan hotel juga harus pergi langsung ke travel agent. Beli baju, make-up harus ke toko. 

Serunya hidup di era digital saat ini, semuanya tinggal pesan melalui (lagi-lagi) ponsel yang ada di genggaman. 

Bahkan untuk membeli tiket bioskop atau nonton konser pun gak lagi mengenal kata antri desak-desakan.

era digital

#Kemudahan berkreasi dan menyalurkan bakat.

Sebelum ada internet dan media sosial, keinginan untuk menunjukkan bakat kreatifitas kepada publik masih sangat sulit. 

Serunya hidup di era digital zaman sekarang, sudah ada media sosial dan media hiburan yang bisa digunakan untuk menyalurkan hobi, bakat atau kreatifitas kepada dunia.

Dulu bagi yang hobi menulis, agar tulisannya dibaca banyak orang adalah dengan mengirim tulisan ke penerbit, majalah-majalah atau koran. Itu pun belum tentu dimuat. Makanya banyak penulis berbakat yang layu sebelum berkembang. Walau pun ada lomba menulis tapi jarang diketahui oleh masyarakat luas.

Namun di era digital sekarang ini, setiap orang bisa menulis dan tulisannya bisa dibaca oleh banyak orang dengan mudah tanpa harus menunggu ini itu. Kita bisa langsung menulis karya buah pikiran di website atau blog pribadi. 

Bahkan tidak cuma menyalurkan hobi menulis, blog dapat digunakan untuk menambah penghasilan bahkan bisa menjadi sumber penghasilan yang utama.

Untuk bisa mempunyai website atau blog pribadi pun sangat mudah dan biayanya sangat terjangkau. Bahkan ada yang gratis. Tapi bila ingin serius dan profesional, cukup dengan membeli domain dan hosting di penyedia webhosting Indonesia yang terpercaya seperti Domainesia (dengan harga murah yang terjangkau.

Langsung bisa ngeblog. 

icon

PELUANG DI ERA DIGITAL

Di zaman serba internet sekarang ini, kemudahan dan peluang usaha pun terbuka lebar.

Beda dengan zaman semasa saya masih kuliah dulu. Untuk mencari tambahan uang saku tanpa meninggalkan rumah adalah hal yang mustahil.

Serunya hidup di era digital ini, bahkan ibu-ibu rumah tangga rumahan seperti saya bisa mendapatkan tambahan penghasilan tanpa harus repot-repot meninggalkan tugas dan kewajiban di rumah.

Semuanya tidak lepas dari kehadiran internet.

Ada milyaran orang yang setiap harinya terhubung dengan internet. Ada banyak peluang bisnis yang bisa kita lakukan untuk menambah penghasilan dengan memanfaatkan internet melalui website atau blog pribadi.

Belum punya website atau blog?
Tidak mengapa.

Kita mulai dari yang paling mudah dan tidak mengeluarkan biaya..

icon

Mulai berjualan online melalui sosial media.

Sebagai langkah awal kita bisa memanfaatkan smartphone dan akun media sosial seperti facebook, twitter dan instagram.

Yang penting tersambung dengan internet.

Mendengar kata “jualan” pasti erat kaitannya dengan kata “modal”.
Sering keinginan untuk berjualan terhalang oleh ketiadaan modal dan produk untuk dijual.

Serunya hidup di era digital semua permasalahan itu bukan lagi momok yang akan menghentikan peluang berjualan.

Bagi yang tidak punya modal awal dan produk untuk dijual, bisa memanfaatkan berjualan online dengan sistem dropshipper.

Seperti yang dilakukan oleh seorang sepupu saya.

Melalui akun facebook dan instagram-nya ia menjadi mitra dropshipper dari suplier busana muslim dan baju anak-anak. Ia cukup memajang foto-foto produk di akun sosmed. Saat ada pembeli, ia hanya mengorder produk tersebut ke suplier dan pengiriman produk langsung dilakukan oleh suplier.

Laba yang diperoleh adalah hasil selisih harga jual dengan harga yang ia peroleh dari suplier.

 

Keuntungan berjualan online dengan sistem dropshipper :

1. tidak harus punya produk sendiri
2. tidak mengeluarkan modal untuk membeli produk
3. tidak ada resiko kerugian bila produk tidak laku
4. pengiriman barang dilakukan oleh suplier
5. bisa menjual beragam produk dari berbagai suplier

Untuk mendapatkan suplier anda bisa mencari di google dengan kata kunci ” reseller” “dropshipper” “distributor”, tambah jenis produk yang diinginkan.

Misalnya :
dropshipper busana wanita, reseller pakaian anak, distributor pakaian muslim.

Kelemahan dari sistem ini, keuntungan sangat kecil. Tidak bisa melihat kualitas barang kecuali dengan mencoba membelinya dan pasarnya pun terbatas hanya bagi antar teman pengguna sosmed.

icon

Berjualan melalui pasar online (market place).

Bila sudah mempunyai barang atau produk sendiri namun bingung kemana harus menjual, pasar online adalah jawabannya.

Salah satu serunya hidup di era digital, kini sudah banyak pasar-pasar online seperti tokopedia, bukalapak, olx dan sebagainya yang bisa kita manfaatkan untuk menjual produk.

Bisa langsung berjualan kapan kita mau.

Kelemahan sistem ini, ibarat menumpang berjualan di rumah orang, suatu saat pemilik rumah bisa saja menutup lapak anda. Kelemahan lainnya sulit untuk berkembang karena ratusan pedagang lain juga menempati tempat yang sama.

icon

Berjualan melalui website atau blog pribadi.

Ini sangat disarankan..
Bila digabungkan dengan dua cara sebelumnya  maka hasilnya tentu akan maksimal.

Blog tidak hanya dapat anda gunakan untuk sebatas berjualan. Banyak yang dapat dilakukan jika mempunyai blog atau website pribadi.

Dibawah ini beberapa contohnya.

mendapat uang dari blog

 

Langkah awal yang harus disiapkan adalah :

1. DomainTentukan nama domain yang mudah diingat. Hindari menggunakan angka, kalimat panjang dan bahasa alay pada domain. 

Daftarkanlah domain anda pada penyedia domain yang memberikan akses penuh pada domain.

2. Webhosting

Pilihlah webhosting yang berpengalaman. Jangan terpengaruh harga murah yang ditawarkan. 

Baca terlebih dahulu review-review yang ada di internet.

Cari informasi pada forum-forum yang membahas webhosting seperti yang saya lakukan dulu.

Hingga akhirnya saya memutuskan untuk mendaftarkan domain sekaligus hosting pada Domainesia.

Mulai dari 1 domain sebagai uji coba, lalu bertambah lagi menjadi 3 domain.

hosting indonesia

Oh ya, silahkan gunakan kode kupon : YULIE untuk mendapatkan diskon 20% paket Hosting. Diskon berlaku selamanya.

Selain menggunakan teknologi terbaru, harga paket domain & hostingnya pun ramah bagi kantong.

 

Peluang Dan Kemudahan Di Era Digital

Tapi bukan itu yang utama.

Sekali lagi, jangan terpengaruh harga murah. Begitu pun, harga mahal juga bukan jaminan.

Kinerja dan performa server adalah yang terpenting. Domainesia menjamin dengan Garansi 99% Uptime Server.

Peluang Dan Kemudahan Di Era Digital

TANTANGAN DI ERA DIGITAL

Di era mana pun, termasuk di era digital.. hal positif tentu dibarengi dengan hal negatif. Efek negatif dari dunia digital yang saya rasakan sebagai orang tua adalah pengaruh internet dan game online bagi anak-anak.

Karena itu saya selalu membatasi waktu anak dalam menggunakan gadget atau mengakses internet. Ia hanya boleh bermain games dan akses internet hanya 2 jam sehari, kecuali bila esok hari libur.

Beberapa dampak negatif dari dunia online:

  • Anak menjadi kurang bersosialisasi dengan sekitar. Ia lebih asik dengan smartphone di tangan dan lebih suka bersosialisasi di sosial media.
  • Kesehatan terganggu terutama indera penglihatan. Sering juga anak menjadi kurang nafsu makan dan sering menahan lapar dan haus karena asik dengan gadgetnya.
  • Kurang konsentrasi pada pelajaran hingga bisa membuat nilai dan prestasi belajarnya menurun.
  •  Tidak nyenyak tidur.

Dan banyak lagi efek negatif yang dapat terjadi pada anak.

Menjadi orang tua di era digital ini tentu tidak mudah. Kita dituntut untuk bisa memproteksi anak dari pengaruh negatif dunia online.
Banyaknya predator online, banyaknya unsur pornografi serta informasi palsu yang bebas beredar tanpa hambatan membuat kita was-was dan harus ekstra ketat mengawasi kegiatan anak di dunia maya. 

Jangan sampai anak menjadi korban dari sebuah kemajuan zaman.

Mau tidak mau, suka tidak suka, sebagai orang tua kita harus mampu melindungi anak dari efek negatif era digital. Tidak ada salahnya kita juga ikut mengikuti dan tidak menyerah, apalagi acuh tak acuh pada kemajuan zaman dan teknologi.

 

Semoga era digital membawa manfaat bagi kita semua.

Demikianlah pengalaman yang saya rasakan pada era digital saat ini.

Bagaimana dengan para anda?
Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar.

Gambar : Google, Unsplash
Icons : icons8 , flaticon

Last edit : 12/12/2018

22 thoughts on “Peluang Dan Kemudahan Di Era Digital”

  1. Mantap mbak Yulie. Komprehensif sekali pandangannya tentang era digital.
    Ya, selain kemudahan2 yang ada, era digital juga membawa tantangan yang tak bisa dibilang remeh. Tinggal kitanya saja yang memperlakukannya bagaimana.
    Dan soal peluang, porsi kue ekonomi di era digital makin besar dan masih banyak ceruk2 pasar yg belum tergarap. Ini yg kadang jadi pedang bermata dua, karena banyak blogger pemula yg kepengen langsung tajir lewat ngeblog dan jadi budak adsense 😀 Padahal banyak hal dari yg bisa dikembangkan dari blog di era digital.
    *thumb up*

  2. Waaah, ini mah harus dibaca ulang, gak bisa sekali baca aja. Sangat manfaat banget, Yulie. Bunda yang masih newbie terus ini sangat sulit untuk mengerti segala macam yang berhubungan dengan sistim blogging dengan pernak-perniknya seperti infografis, berkreasi dengan Canva dan lain sebagainya, makanya tampilan blog bunda ya, seadanya nyomot dari template jadi, gitu.
    sekarang bunda mau japri ya. Terima kasih.

  3. setuju semakin kesini semakin termudahkan karena serba digital, aku maish inget banget waktu au transfer uang buat kakakku yang kost pas kuliah itu rempongnya pake banget mesti ke Bank udah gitu salah rekening bahhhh sedih banget 😀 sekarang tinggal buka HP udah deh selesai

  4. Waaaahhh, buka blog ini melalui efbi, akhirnya kolom komennya kebuka sempurna.

    Dari semalam berkali2 ngepost komen eror mulu 😂

    Keren banget mba, dan bener ya, dulu kita harus bangun pagi gegara mau sekolah cuman ada angkot, atau becak.

    Sekarang? hhmmmm…
    Jadi ingat anak tetangga saya.
    Sama ortunya disewain antar jemput biar lebih irit buat sekolah.
    Lah yang ada si anak telat terus bangunnya, hingga antar jemputnya lewat aja, karena gak bisa nunggu kelamaan takut yang lain telat.

    Dan akhirnya, si anak bangun, buru-buru mandi lalu order ojek online atau taksi online.
    Mamanya cuman bisa pasrah.
    Emang bagaikan pisau bermata dua ya mba, salah-salah malah bisa melukai kita.
    Terlebih sebagai seorang ibu, rada-rada gemetar mengingat anak sendiri, bagaimana nantinya peranan digital mempengaruhinya 🙂

    1. Alhamdulillah, untung ada mbak Rey yang ngasih info bagian komentarnya error, karena di browser dan hp ku baik2 aja. Masalahnya ternyata ada di cache yang ngawur di beberapa jenis device.

      Sekali lagi makasih loh mbak cantik * send lope lope <3 *

  5. Waah…ulasannya mantuul mb yuli. Iya generasi 80an merasakan perbedaan yg tajam. Beda dg generasi skrg yang sedari jebrol fotonha sdh langsung diaplod ke dunia maya 🙂

  6. Akupun bersyukur masih sempet ngerasain kemudahan digital gini :p. Dulu kebayang repotnya balas2an surat ama sahabat pena pake pos. Nulis suratnya dulu, kirim, nunggu deh sekitar 2 mingguan ato lebih. Itu juga kalo dibls hahahaha. Skr mah tinggal wa ato email :D. Fa kebayang sih zaman anakku2 ntr, bakal secanggih apa lg ya mba 😀

    1. Hahaha iya, pake perangko kilat khusus pun sekitar 3 hari nyampenya. Mungkin zamannya anak-nya anak kita nanti udah seperti di film2 fiksi saat ini :))

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *